Detail Cantuman
Text
Dasar - Dasar Manajemen Pendidikan Islam
Abstrak
Pendidikan Islam, bila dilihat dari segi kehidupan umat manusia tidak lain adalah
merupakan salah satu alat pembudayaan masyarakat itu sendiri. Sebagai suatu alat, pendidikan
dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan hidup manusia, (sebagai makhluk pribadi
dan sosial), kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh kesejahteraan hidup di dunia
dan hidup di akhirat. Dalam hal ini, maka kedayagunaan pedidikan sebagai alat pembudayaan
sangat bergantung pada pemegang alat tersebut yaitu pendidik.
Pendidikan sebagai usaha pembentuk pribadi manusia harus melalui proses yang panjang,
dengan hasil yang tidak dapat diketahui dengan segera, berbeda dengan membentuk benda mati
yang dapat dilakukan sesuai dengan keinginan pembuatnya. Pendidikan islam pada khususnya
yang bersumberkan pada nilai-nilai agama Islam disamping menanamkan atau membentuk sikap
hidup yang dijiwai nilai-nilai tersebut, juga mengembangkan kemampuan berilmu pengetahuan
sejalan dengan nilai-nilai Islam yang melandasinya adalah merupakan proses ikhtiariah yang
secara pedagogis mampu mengembangkan hidup anak didik kearah kedewasaan/kematangan
yang menguntungkan dirinya.
Pada dasarnya semua organisasi atau sebuah lembaga baik kecil maupun besar semua
membutuhkan pengelolaan atau manajemen yang baik, sehingga organisasi atau lembaga mampu
menciptakan prinsip manajemen yang bertujuan membangun kedisiplinan dan mutu yang
berkualitas. Prinsip Manajemen Pendidikan adalah asas kebenaran yang menjadi pokok dasar
dalam berfikir untuk sebuah proses perencanaan, peng-organisasian, memimpin, mengendalikan
tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan untuk mencapai
tujuan pendidikan.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pendidikan Islam adalah
proses pemanfaatan semua sumber daya yang dimiliki (ummat Islam, lembaga pendidikan atau
lainnya) baik perangkat keras maupun lunak. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama
dengan orang lain secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan
kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat. Banyak sekali para ulama dibidang manajemen
yang menyebutkan tentang fungsi-fungsi manajemen diantaranya adalah Ibnu Taimiyah, bahwa
tujuan pendidikan harus diarahkan pada terbentuknya pribadi yang baik, yaitu seorang yang
berfikir, merasa dan bekerja pada berbaigai lapangan kehidupan pada setiap waktu sejalan apa
yang ada dalam Al-Quran dan Assunah.
Pribadi yang baik menurutnya adalah pribadi yang sempurna kebribadianya yaitu mereka
yang lurus jalan pikiran serta jiwanya, kuat jiwanya serta sanggup menjalankan perintah Allah
swt. Manakala para Manajer dalam pendidikan Islam telah bisa melaksanakan tugasnya dengan
tepat seuai dengan fungsi manajemen di atas, terhindar dari semua ungkapan sumir yang
menyatakan bahwa lembaga pendidikan Islam dikelola dengan manajemen yang asal-asalan
tanpa tujuan yang tepat. Maka tidak akan ada lagi lembaga pendidikan Islam yang ketinggalan
Zaman, tidak teroganisir dengan rapi, dan tidak memiliki sisten kontrol yang sesuai.
Ketersediaan
PAUD 23 | BOO370.01 | My Library (SLIMS) | Tersedia |
Detail Information
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
BOO370.01
|
Penerbit | : ., Cetakan Pertama 2020 |
Deskripsi Fisik |
v + 100 hlm;16 x 24 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-53462-8-6
|
Klasifikasi |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edisi |
Cetakan Pertama 2020
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
Soft file
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Penerbit
|
Other version/related
No other version available