Image of Manajemen UMKM dan Kewirausahaan Tinjauan Teori dan Review Riset
Tinjauan Teori dan Review Riset

Text

Manajemen UMKM dan Kewirausahaan Tinjauan Teori dan Review Riset Tinjauan Teori dan Review Riset



Setiap pengusaha tentu wajib memiliki pemahaman tentang tanggung
jawab sosial, etika serta perencanaan strategis. Secara definisi tanggung
jawab sosial ini memiliki arti tentang sebuah kewajiban dalam bisnis untuk
memaksimalkan dampak positif perusahaan terhadap masyarakat.
Definisi etika sendiri merupakan aturan nilai moral yang memandu kita
dalam membuat keputusan antara benar dan salah, sedangkan
perencanaan strategis memiliki arti sebuah petunjuk yang digunakan
untuk mengidentifikasi arah bisnis kita. Ketiga hal ini memiliki hubungan
yang erat, karena ketiga konsep inilah yang akan membentuk pondasi kuat
bagi usaha kita.
Saat berbicara tentang tanggung jawab social dan etika dalam
berbisnis, maka kita akan menemukan bahwa kedua hal tersebut
2
merupakan komitmen yang dapat membuat perusahaan melakukan apa
yang benar. Kemudian ketika perusahaan sudah memiliki komitmen
untuk melakukan apa yang benar, maka akan membutuhkan perencanaan
strategi bisnis yang mana dalam sebuah perencanaan strategi ini,
perusahaan akan berproses untuk memutuskan mau dibawa kemana dan
bagaimana perusahaan sampai pada tujuan. Oleh karenanya, ketiga
konsep ini harus bekerja bersama-sama agar usaha atau bisnis menjadi
kokoh.
Bukan tanpa alasan, isu terkait tanggung jawab sosial, etika serta
perencanaan strategis sampai saat ini tidak ada habisnya. Dari penelitian
herman dkk (2012) menemukan kesimpulan bahwa subjek penelitiannya
menghargai tindakan tanggung jawab sosial yang dilakukan terutama
untuk alasan ekonomi dan pelaksanaan tanggung jawab sosial ini
tergantung dari ukuran perusahaan(Herman et al., 2012). Perusahaan yang
besar lebih memiliki kemungkinan mengembangkan kegiatan tanggung
jawab sosial dalam visi strategis(Herman et al., 2012). Kemudian penelitian
Singh dan Misra (2020) menunjukkan bahwa saat perusahaan melakukan
Corporate Social Responsibility (CSR) kepada pemangku kepentingan
eksternal akan mempengaruhi kinerja organisasi dan pengaruh tersebut
bervariasi sesuai dengan ukuran bisnisnya(Singh & Misra, 2021


Ketersediaan

PAI2. 65BOO370.30My Library (SLIMS)Tersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
BOO370.30
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
i-vii +193 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-98966-0-7
Klasifikasi
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
Desember 2021
Subyek
Info Detil Spesifik
Soft file
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this